Rabu, 30 November 2011

Delapan Pintu Surga

Waktu baca Novel Ayat-Ayat Cinta ada salah satu bagian yang aku suka.
Yaitu bab terakhir 33 Nyanyian dari Surga.
Ini kisah dimana Maria tak sadarkan diri. Kemudian setelah bebrapa hari sadarkan diri dan langsung meminta tolong kepada Fahri untuk menbantunya berwudhu dan Maria pun masuk Islam. Asyhadu an laa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh.


Ini adalah percakapan Maria saat dia tersadar dan menjelaskan alsanan mengapa Maria memohon bantuan tolong itu.
"Aku tidak tahu awal mulanya bagaimana. Tiba-tiba saja aku berada dalam alam yang tidak pernah kulihat sebelumnya. Dari kejauhan aku melihat istana megah hijau bersinar-sinar. Aku datang kesana. Aku belum pernah melihat bagunan istana yang luasnya tiada terkira, dan indahnya tiada pernah terpikir dalam benak manusia. Luar biasa indahnya. Ia memiliki banyak pintu. Dari jarak sangat jauh aku telah mencium  wanginya. Aku melihat banyak sekali manusia berpakaian indah satu persatu masuk kedalamnya lewat sebuah pintu yang tiada terbayangkan indahnya.Kepada meraka, aku bertanya "Istana yang luar biasa indahnya ini apa?" Mereka menjawab "Ini Surga!" Hatiku bergetar. Dari pintu yang terbuka itu aku bisa sedikit melihat apa yang ada di dalamnya. Sangat menakjubkan. Tak ada kata-kata yang bisa menggambarkan. Tak ada pikiran yang mampu melukiskan. Aku sangat tertarik, maka aku ikut barisan orang-orang satu persatu masuk kedalamnya. Ketika kaki mau melangkah masuk seorang penjaga dengan senyum menawan berkata padaku "Maaf, Anda tidak boleh lewat pintu ini. Ini Babush Shalat. Pintu khusus untuk orang-orang shalat. Dan Anda tidak termasuk golongan ereka!" Aku sangat kecewa. Aku berjalan ke sisi lain. Disana da pintu yang juga sedang penuh dimasuki anak manusia berpakaian indah. Aku mau ikut masuk. Seseorang penjaga yang ramah berkata "Maaf, Anda tidak boleh lewat pintu ini. Ini namanya Babur Rayyan. Pintu khusus untuk orang-orang yang berpuasa. Anda tidak termasuk golongan mereka!" Aku sangat sedih. Hatiku kecewa luar biasa. Aku melihat dikejauhan masih ada pintu. Aku berjalan kesana dengan harapan aku bisa masuk lewat pintu itu. Namun ketika hendak masuk seorang penjaga yng bercahaya wajahnya berkata "Maaf, Anda tidak boleh masuk lewat sini, Ini Babuz Zakat. Pintu khusus untuk orang-orang yang menunaikan zakat.  Ada banyak pintu. Dan setiap kali aku hendak masuk selalu dicegah penjaganya. Sampai di pintu terakhir namaya Babut Taubah. AKu juga tidak boleh masuk, karena itu khusus untuk orang-orang yang taubatnya diterima oleh Allah. Dan aku tidak termasuk mereka. Aku kembali ke pintu-pintu sebelumnya. Semuanya tertutup rapat. Orang-orang sudah masuk semua kesana. Hanya aku sendirian di luar. Aku menggedor-gedor pintu bernama Babur Rahmah. Tak ada yang membuka. Aku hanya mendegar suara "Jika kau memang penghuni surga, kau tidak perlu mengetuknya karena kau pasti punya kuncinya. Bukalah pintu-pintu itu dengan kunci surga yang kau mliki!" Aku menangis sejadi-jadinya. Aku tidak memiliki kuncinya. Aku berjalan dari pintu satu ke pintu lain dengan air mata menetes di sepanjang jalan......

Nah dari kisah itu apa yang bisa diambil ? Banyak kan?
Ada 8 Pintu Surga
/1/
Darul Jalal namaku
dan kau lihat saja mutiara putihku
masuklah para nabi dan rasul-Nya
serta para dermawan pun syuhada


/2/
Darussalam namaku
dan kau lihat yaqut merah melingkupiku
masuklah kau yang mendirikan shalat
dan menegakkan rukun-rukun dalam shalatmu

/3/
Ma'wa namaku
dan kau lihat zabarjut yang hijau itu
masuklah kau yang selalu tunaikan zakatmu
dengan niat ikhlasmu

/4/
khuldi namaku
dan kau lihat marjan merah-kuning jadi satu
masuklah kau yang menyeru kepada kebajikan
pun mencegah kemunkaran

/5/
Na'im namaku
dan kau lihat perak putih menghiasiku
masuklah kau yang memelihara syahwatmu
pun mengekang nafsu-nafsu burukmu

/6/
firdaus namaku
dan kau lihat emas merah menaungiku
masuklah kau yang membela agama samara
pun berjihad di jalan-Nya

/7/
Adn namaku
dan kau lihat intan putih berkilau indah
masuklah kau yang selalu sabar dalam hidupmu
pun menahan lapar dahaga di hari-harimu

/8/
darul qarar namaku
kau lihat aku setali tiga uang dengan firdaus itu
masuklah kau yang bertaqwa dan menjaga pandanganmu
pun kau yang selalu berbuat kebaikan

Dari 8 Pintu surga yang ada. Kau memegang kunci pintu surga yang mana?
Ayo kita masuk surga. Bertemu Allah SWT.
Allahu Akbar
Asyhadu an laa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar